السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Senin, 19 Juni 2017

Ramadhan dan Isyarat Yusuf


Halimi Zuhdy 
 
Selalu iri dan dengki, pada sosok yang indah dan berbudi, karena ada cahaya mulia yang tersirat dalam mimpi.Nabi Yusuf sang Nabi, menjadi musuh bersama para saudara yang Iri. Nabi Yusuf, menjadi idola dan juga paling dibenci, bukan karena ia buruk hati, tetapi kemilaunya Tanpa henti. 
 
Saudaranya Yusuf tahu, bahwa ia baik, tapi karena mutiara yang tersimpan akan menjadi petaka bagi mereka, sehingga mereka menganggap penuh duri. Walau duri itu, adalah keindahan bagi yang paham arti diri. 
 
Ibnu Jauzi membuat isyarat cukup menarik, Yusuf dan saudaranya tentang Ramadhan. 
 
12 bulan dalam satu tahun, seperti anak anak Nabi Ya'qub. Dan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan itu, seperti Nabi Yusuf AS di antara saudara-saudaranya, karena Yusuf AS anak yang paling dicintai Nabi Ya'qub. 
 
Demikian pula dengan Ramadhan, bulan yang paling dicintai Yang Maha Mengetahui Keghaiban. Saudara-saudara Yusuf menemuinya dengan pasrah, untuk menebus segala salah, dan menutupi segala dosa mereka padanya, setelah mereka menderanya. 
 
Maka Yusuf AS, memaafkan, menjamunya dengan baik, memberika makan, dan mengizinkan untuk pulang, mereka pulang dengan senang. 
 
Demikian pula dengan Ramadhan, kita memohon segala dosa terampunkan PadaNya, segala salah terhapuskan, dari tumpukan dosa-dosa di 11 bulan, dan kita bisa bergembira di akhir Ramadhan dengan kabar gembira ketaqwaan. Isyarat lain, Ya'qub sembuh dari buta yang membalut wajahnya, dan menjadi tegar setelah lemah, ia mendapatkan bau Yusuf dari helai baju yang dikirimkan. 
 
Demikian, orang yang berma'siat akan terhapus dosa, apabila menghirup bau Ramadhan dan beramal di dalamnya. (Bustan al Wa'idhin wa Riyadhi As-Samiin) Mudah mudahan Ramadhan yang sudah memasuki hari ke 12 ini, mampu kita tingkatkan untuk membuat iri para syaitan dan nafsu, agar kita mampu bergembira "idul fitri" dan merayakan Takbir. Malang, 7/6/2017. 12/Rmdn/1438 H