السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Senin, 29 Mei 2017

Guru Besar Itu adalah ?

Halimi Zuhdy

Menjadi Guru Besar (Profesor) sebuah kebanggaan, keindahan dan kebahagiaan bagi yang meraihnya dan bagi orang-orang yang berada disekelilingnya, bahkan sebuah kebanggaan bagi bangsa dan negaranya, juga bagi dunia.

Penghargaan yang langka, hanya bagi mereka yang mampu melewati tangga-tangga akademik yang luar biasa. Mereka, Guru Besar, tidak hanya menjadi guru tetapi menjadi panutan, _dan harus bisa menjadi panutan_, kata Besar bukanlah hal yang kecil, ia besar (mendalam) ilmunya, besar perannya (untuk umat), besar dan membesarkan yang belum besar untuk menuju pada hakekat Yang Maha Besar.

Guru Besar, bukanlah hanya sebutan, tapi ia amanah besar untuk membuktikan bahwa dirinya memang besar, besar dalam keilmuannya, mampu menebarkannya dan juga bagaimana ia memberikan pengaruh besar untuk merubah lingkungannya. Karena ia langka.


Guru Besar itu, capaian akademik tertinggi, dan tentunya dapat memberi kemanfaatan pada manusia sebagaimana pengukuhan itu. Ada yang tidak bergelar Guru Besar, namun juga mampu memberikan kemanfatan bagi manusia. Bagi yang tidak pernah label "Guru Besar", ia bisa menjadi guru besar yang lain dengan makna yang lain pula, namun ia mampu memberi kemanfaatan pada umat. Guru besar spritual, guru besar hati, guru besar yang mampu mengangkat dirinya menjadi idola, minimal untuk lingkungan terkecilnya, keluarga. Karena dari sinilah dunia akan menjadi hebat.
Hati, Besar Cinta, Besar Manfaat, Besar Ibadah dan Besar-Besar Lainnya.
Memang, Guru Besar akademik berbeda dengan "Guru Besar" lainnnya. Ia tidak mendapatkan gelar *Profesor*, bahkan sedikitpun ia tak begelar.

Ada yang bergelar di bumi dan yang bergelar di langit. Guru Besar dalam akademik, gelar dengan berbagai prosesinya, tapi Guru Besar di langit, tak pernah ada prosesinya.
Untuk menjadi guru Besar yang tak bergelar Profesor, bisa diperoleh oleh siapapun. Seperti Uwais Al Qarni, manusia yang namanya begitu terkenal di kalangan penduduk langit. Bahkan Nabi Muhammad SAW memerintahkan Ali bin Abu Thalib dan Umar bin Khattab agar meminta didoakan oleh Uwais Al Qarni, karena doanya tidak pernah ditolak Allah SWT.Lanjut di comment

#Halimizuhdy @ Gedung Rektorat UIN Malang