السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Senin, 29 Mei 2017

Beruntung Orang yang Mendali Agama, Ulama

Halimi Zuhdy


 Alhamdulillah, bisa bertemu beliau, Prof. Dr. K.H. Didin Hafidhuddin, M.Sc adalah Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia periode 2004 - 2015. selain kyai juga Akademisi, kalau menggunakan Ta'birnya UIN Malang, ulama yang intelek dan intelek yang ulama.

Seorang "ulama juga manusia", tapi kediriannya adalah kedirian yang ditempa dengan ilmu agama, yang selalu berkelindan dengan agama, beragama dan keber-agamaan. Mereka adalah orang yang sangat beruntung, karena dalam hadis HR. Bukhari, 71. Muslim, 1037.


من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين
“Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memahamkannya dalam urusan agama.”


Mengagumi ulama bukan hanya menyanjung dan meneriakkan namanya, tetapi bagaimana kita mampu mengambil tetesan ilmunya untuk kita serap, ke bumi hati dan akal kita, karena dalam diri mereka kebaikan-kebaikan itu berada.

Pemahaman hadis di atas, tidak hanya untuk para ulama (menurut istilah kita) , tetapi bagi siapapun yang diberikan oleh Allah pemahaman agama, maka disanalah, insyallah kebaikan berada. Maka selalu mendekat dan belajar pada orang alim adalah kebaikan iti sendiri.

Menurut Ibnu Hajar dalan Fathul Bari: bahwa maksud hadis di atas, orang yang pahama agama, tidak mempelajari hal yang pokok dan berbagai masalah cabang yang berhubungan dengannya, maka diharamkan kebaikan padanya.

Mudah mudahan kita termasuk orang yang selalu ingin belajar agama dan diberikan kekuatan untuk mengamalkannya.